Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wardah, Peraih Juara 1 Lomba Video Kreatif; Bertutur Cerita Rakyat Maluku dari SD Cendekia Ambon


Senin, 21 Februari 2022, tepat pukul dua belas siang. Kantor Bahasa Provinsi Maluku telah mengumumkan penilaian dan juara pada Lomba Video Kreatif; Bertutur Cerita Rakyat Maluku, yang diselenggarakan mulai tanggal 1 Februari hingga 18 Februari 2022 secara online. Setelah menunggu sekian lama, akhirnya Ananda Sitti Wardah Ghassani Asit, atau yang akrab disapa Wardah terpilih sebagai juara 1 dengan judul ceritanya Batu Gila dari Negeri Leinitu di Pulau Saparua, pada kategori kelas 4-6 SD. 

Raut wajah bahagia tak bisa dimungkiri oleh Ananda Wardah dan segenap guru SD Cendekia Ambon. Perjuangan yang cukup panjang dari awal memilih naskah, berlatih, pembuatan video hingga proses pengeditan akhirnya berbuah manis. 

Pada penampilannya, Ananda Wardah bertutur dengan menggunakan bahasa Melayu Ambon. Ananda sempat merasa pesimis dan tidak percaya diri dalam proses pembuatan video yang berulang kali, namun semangat dan dukungan dari para pelatih dan tim pembuat video akhirnya mampu mengibarkan semangat ananda untuk bertutur hingga selesai.
Ananda Sitti Wardah Ghassani Asit merupakan salah satu peserta didik SD Cendekia Ambon yang tengah duduk di bangku kelas 5-A. Dikenal sebagai anak yang cerdas, Wardah juga sangat senang membaca dan menulis. Ketika waktu luang, Wardah begitulah sapaan akrabnya, kerap mengisi waktunya dengan membaca. Ketika dipilih untuk mengikuti lomba bertutur, Ananda penyuka pelajaran Tematik dan bahasa Inggris ini dengan sangat senang hati menerimanya. Baginya ini adalah tantangan yang sangat menarik dan ini merupakan pengalaman pertamanya.
“ Ananda Wardah berhak untuk mendapat juara 1. Melihat kegigihannya dalam berlatih dan pembuatan video yang berulang kali, tidak bisa dipandang sebelah mata. Ia bercerita dengan natural selayaknya orang yang sedang bercerita, dan saya sangat suka dengan logat Ambonnya yang sangat kental.” Tukas Ibu Irha Bin Thahir, salah satu pelatih sekaligus guru bahasa Indonesia di SD Cendekia Ambon. 
Ditemui saat kemarin menerima hadiah dari Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Wardah mengungkapkan ia sangat senang dan bersyukur kepada Allah SWT atas apa yang diraihnya. Ia juga mengungkapkan akan lebih semangat mengikuti dan berlatih jika nanti ada lomba – lomba yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa. Selain itu Ananda juga mengungkapkan “Menang adalah bonus, yang terpenting kita mau mencoba dan berusaha melakukan yang terbaik.” 

Oleh: Fallaqiyah Bin Thahir

Posting Komentar untuk "Wardah, Peraih Juara 1 Lomba Video Kreatif; Bertutur Cerita Rakyat Maluku dari SD Cendekia Ambon"